jadilah yang pertama berimajinasi


Install Controller PS3 Dualshock3 pada PC



Kali ini saya mau share cara menginstall stick / controller PS3 pada PC. Trick ini adalah cara hemat bermain menggunakan stick wireless pada PC. Seperti yang kita ketahui harga stick Xbox360 original plug n play yang dijual dipasaran sangat mahal, Rp 450.000,- (controller original) + Rp 250.000,- (wireless dongle) = Rp 700.000. Itupun belum baterai memakai baterai, karena boros kalau memakai baterai AAA. :pinch:
Pada share kali ini ane menggunakan stick PS3 KW. Untuk info saja, saya mengkategorikan stick ps3 dipasaran menjadi 3 yaitu DS3 Original (Rp 450.000) , DS3 KW (Rp 250.000) , dan DS3 kabel (Rp. 125.000). Sebetulnya ada tambahan lagi yaitu original sixaxis (Non getar), tapi karena sudah tidak ada dipasaran saya abaikan. Dari semua stick yang diatas yang sudah saya tes dan dapat berjalan adalah stick Ori dan stick KW.
Keunggulan lain stick DS3 adalah bentuk yang sudah sangat familiar dengan masyarakat indonesia. Jadi adaptasi tidak akan lama. :)

Langsung ke praktek :
Software :
MotioninJoy Download Online dan Offline

  1. http://www.motioninjoy.com/download
  2. http://forums.motioninjoy.com/viewtopic.php?f=66&t=1421 atau
  3. www.mediafire.com/?g1n1j5g585udnjj

Hardware:
-Stick PS3 KW atau Original
-Kabel USB - mini USB





Tutorial:
1. Download dan install software MotioninJoy lalu tutup aplikasi tersebut.
2. Extract file local 0.6.0003a Full. Lalu copy file "local" ke file tempat anda menginstall MotioninJoy. Pada PC saya (Windows 7 64bit):
C:/Program Files/MotioninJoy/ds3/[paste_disini]
Fungsi dari file local ini adalah agar program MotioninJoy dapat bekerja dalam keadaan offline.
3. Buka Aplikasi MotioninJoy. Saatnya menyetting.
a. Hubungkan DS3 dengan PC, biarkan PC anda mengenali DS3.
b. Buka aplikasi MotioninJoy Lalu klik pada icon Local



c. Lalu dibuka pada bagian "Install". Pada bagian ini kita akan mengupload driver pada controller DS3. Centang pada bagian "kotak" lalu load driver. Jika anda menggunakan stick pada PS3 anda jangan khawatir merusak stick anda. Karena jika anda ingin menggunakannya kembali pada PS3 maka cukup mencolokkan pada USB PS3 maka akan langsung kembali ke driver PS3. :thumbsup:



d. Setting berikutnya ada pada options "Start". Pada bagian ini anda dapet mengkostumisasi stick sesuai keinginan anda. FYI aja, aplikasi MotioninJoy juga mengaktifkan fitur sixaxis DS3 anda. Mungkin suatu saat berguna pada emulator ps3. :D . Pada settingan saya, saya cukup menggunakan emulator stick Xbox 360 agar cepat dan mudah. Jika sudah selesai setting. Klik "Enable".



e. Jika sudah semua tekan tombol PS pada PS3 anda dan coba "kebenarannya" dengan menekan tombol "Vibration Testing" .
f. Berikutnya bergerak pada bagian "option". Pada bagian ini auto update saya uncheck, lalu option nomor 1 dan 3 saya centang, yaitu pada pilihan "Auto run" dan "Placing it in system tray when click close button"
4. Play. Saya tes pada game favorit saya tahun ini. Batman Arkham City. Menghajar lawan terasa menyenangkan. :knupel2:



Sampai Tahap ini saya kira sudah cukup. Cuma agar ada kelebihan dari stick yang beredar dipasaran. Mari kita buat Wireless. :love:

Hardware tambahan. Bluetooth dongle 2.0 seharga Rp 14.000 :





Tidak semua Bluetooth dapat digunakan aplikasi MotioninJoy (referensi forum motioninjoy) dan ada resiko BT anda akan eror untuk mengenali hal lain setelah penggunaan aplikasi ini (referensi forum motioninjoy). Untuk jaga2 jangan gunakan bluetooth laptop anda


Setting BlueTooth:
1. Pasang Bluetooth dongle di PC anda. Biarkan PC anda mengenali BT tersebut. Pada saat saya memasang BT, MotioninJoy yang saya gunakan adalah yang online, jadi belum coba buat yang offline :pinch: . Walaupun menurut saya sih tetap sama saja. 8o
2. Load BT anda bagian file install. Harusnya jika anda menghubungkan stick DS3 dan BT anda akan ada 2 devive seperti pada gambar berikut. Centang semuanya dan load driver.



3. Restart PC anda. Ada baiknya anda mengecek device manager. Seharusnya ada icon ini.



Saatnya menjodohkan BT anda dengan DS3 :D . Pasang semua hardware anda (DS3 dan BT). Lakukan langkah seperti pada menggunakan kabel yaitu meng-"Enable" pada option start. Pada option pair akan muncul "bluetooth adapter" dan "dualshock3" Klik Pair Now. Tunggu sebentar. Jika benar maka angka pada kedua device akan sama.



4. Lepaskan DS3 anda dari USB, tekan tombol PS. Jika benar lampu merah akan menyala (tidak berkedip2).
5. Play. tes lagi dengan si Batman DLC kostum Batman Beyond



Pro's:
- Murah meriah , kurang dari 300 ribu bisa dapet controller wireless.
- Bentuk familiar dengan tangan Indonesia, nyaman buat jari2 saya yang pendek dan endut. :2funny:

Con's:
- Karena emulator stick Xbox, anda harus memiliki "mental map" yang cukup baik karena A = X , B = O , X = Kotak , RB = L1 , dst. Saya kira dengan sedikit latihan sudah tidak menjadi masalah.
- Setiap kali menyalakan PC, harus manual meng-"enable" controller pada program MotioninJoy
- BT belum jaminan semua dikenali MotioninJoy, saran saya beli BT baru, saya tes pakai BT model lama sama sekali tidak mau dikenali. :pinch:

Sekian Share kali ini. Maaf kalau panjang dan BWK. Kritik dan saran silahkan. . :)

:bawang069:

3 komentar:

  1. It's the best time to make some plans for the long run and it's time to be happy.
    I've read this publish and if I could I wish to recommend you some interesting issues or advice. Maybe you can write subsequent articles relating to this article. I wish to read even more things approximately it!

    My website: Online Games

    BalasHapus
  2. If you wish for to obtain a good deal from this paragraph
    then you have to apply such techniques to your won website.



    Feel free to surf to my web-site; Batman Games

    BalasHapus
  3. offline nya ga bisa boss

    BalasHapus

Followers

ALL POST

Loading...
Lsc