jadilah yang pertama berimajinasi


cara membuat /TAG lagu sendiri



Bermain musik memang punya keasyikan tersendiri, apalagi bagi yang ahli bermain musik…. Sekedar ingin menyalurkan bakat terpendam, apalagi tak ada teman yang mengerti selera musik kita. Kita ingin sekali bermain musik sendiri, bahkan ingin main drum sendiri, bass, gitar, piano sendiri, dan merekamnya dalam satu lagu. Mungkinkah itu dilakukan seperti di studio-studio? Dimana satu orang bisa membuat lagu komplet seakan-akan dimainkan oleh sebuah group band? Jawabnya, pasti bisa. Apalagi sekarang kan banyak software yang ditawarkan untuk itu. Salah satu software yang gw pilih untuk itu adalah Acid Pro 4.0 dari Sonic Foundry. Tampilan awalnya seperti ini:


Sekilas terlihat bahwa tersedia banyak track yang bisa digunakan untuk meletakkan komponen musiknya, seperti drum, gitar, bass dan lain-lain. Track inilah yang kita mainkan satu per satu.
Gw mulai dari membuat ketukan dasar lagu, dan meletakkannya dalam track pertama. Kemudian mulai dengan gitar rhytm diletakkan pada track kedua, dan selanjutnya drum, bass, lead gitar pada track ketiga, keempat, dan kelima.
Semua track itu direkam dengan menu rekord yang udah tersedia di program Acid Pro. Tracknya sendiri bisa diatur dan digeser timingnya agar ketukannya sama antara track satu dengan lainnya.

Masing-masing track, untungnya bisa diatur dan disesuaikan warna suaranya, efek dan lain-lain, dalam tool yang udah disediakan. Bahkan, gw waktu main hanya punya satu gitar listrik, tanpa efek, tanpa gitar bass, tapi bisa diatur seolah-olah mempunyai efek seperti distortion, chorus, delay, reverb, wah-wah, dan masih banyak lagi. Tinggal kemampuan kita mengolahnya, sehingga hasilnya benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.
 


Gitar listrik gw diubah menjadi bass (Baiknya emang pake gitar bass beneran, tapi gw gak punya L ) dengan memakai tool equalizer, mengaturnya supaya yang diambil hanya nada bagian bawahnya. Dengan settingan yang pas, suaranya mirip gitar Bass, panjang, dan rendah J
Proses sudah selesai, selanjutnya, tinggal cari temen yang bisa ngisi suara, berhubung suara gw pas-pasan dan nggak bisa nyanyi nada tinggi (sebel L). Sambil dengerin lewat earphone, temen gw nyanyi sendiri, nggak kedengeran suara musiknya, sebab yang denger earphone Cuma dia. Proses selanjutanya, atur suara temen gw lewat efek-efek yang membuat merdu (berhubung temen gw suaranya juga pas-pasan). Dan akhirnya dirender menjadi file MP3. Jadi deh.

download DISINI







3 komentar:

  1. Terima Kasih Pak .. artikel yang sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  2. saya belum pernah tahu atau pakai aplikasi ini. Terima kasih ilmunya

    BalasHapus

Followers

ALL POST

Loading...
Lsc